Jumat, 30 Desember 2011

Sejarah Awal Behel Dilahirkan

Kawat gigi atau behel (dalam bahasa inggris : dental braces) adalah salah satu alat yang digunakan untuk meratakan gigi. Menurut jenisnya, bracket (bagian yang menempel) pada kawat gigi untuk tujuan estetis atau kosmetik ada yang bisa dilihat dan tidak bisa dilihat. Ada yang bersifat permanen artinya tidak dapat dilepas dan dipasang, lalu ada juga yang bersifat bisa dilepas dan dipasang. Mekanismenya yaitu dia mengatur, mendorong dan menahan pergerakan gigi. Perawatan ortho bertujuan untuk memperbaiki fungsi bicara, estetis muka, sudut bibir, rahang, senyum. Proses dari awal sampai akhir sesuai standar membutuhkan waktu kurang lebih tiga minggu.

Ini dia sejarah perkembangan Kawat Gigi yang menjadi trend sekarang :

Sejarah Awal

Bahkan orang-orang kuno(zaman dulu) ingin mempunyai gigi yang lurus! Menurut AAO (Asosiasi Amerika ortodontis), arkeolog menemukan mumi zaman dahulu dengan band-band metal mentah melilit pada gigi tiap individu. Kemudian, pada 400-500 SM, Hippocrates dan Aristoteles memikirkan tentang cara-cara untuk meluruskan gigi dan memperbaiki berbagai kondisi gigi. Gigi lurus telah ada di pikiran manusia pada waktu yang sangat lama! 
Sementara Yunani masih dalam "Golden Age", Etruscans (prekursor dari Roma) telah mengubur mayat mereka dengan peralatan yang digunakan untuk menjaga ruang dan mencegah tanggalnya(copot) gigi semasa hidup. Kemudian pada sebuah makam Romawi di Mesir, peneliti menemukan sejumlah gigi terikat dengan kawat emas, kawat ligatur yang pertama kali didokumentasikan! 

Bahkan sebelum George Washington mengenakan gigi kayunya yang terkenal, dokter gigi berpikir tentang cara-cara untuk memperbaiki gigi yang buruk. Pada 1728, French Dentist Pierre Fauchard menerbitkan sebuah buku berjudul "The Surgeon Dentist" dengan seluruh bagian tentang cara-cara untuk meluruskan gigi. Fauchard menggunakan sebuah alat yang disebut "Bandeau," sepotong plat berbentuk tapal kuda dari logam mulia yang membantu memperluas lengkungan. French Dentist Ettienne Bourdet mengikuti Fauchard pada tahun 1757 dengan bukunya "The Dentist's Art", juga mengabdikan bagian untuk meluruskan gigi dan peralatannya. Bourdet adalah dokter gigi Raja Perancis. Dia menyempurnakan "Bandeau", dan juga dokter gigi pertama (pada catatan) yang direkomendasikan "extraction of premolars to alleviate crowding". Dia juga orang pertama yang secara ilmiah membuktikan pertumbuhan rahang.
Ahli bedah Skotlandia, John Hunter menulis (diantara buku bedah yang lainnya) "The Natural History of the Human Teeth" pada tahun 1771, dengan jelas menggambarkan anatomi gigi. Gigi taring, cuspids, gigi seri dan geraham. Buuku kedua-Nya, "A Practical Treatise on the Diseases of Teeth", dijelaskan patologi gigi. Meskipun meluruskan gigi dan ekstraksi untuk meningkatkan kelurusan dari gigi yang tersisa telah dipraktekkan sejak zaman dahulu, ortodontik sebagai ilmu pengetahuan sendiri tidak benar-benar ada sampai pertengahan 1800-an.

Pada tahun 1819 Delabarre memperkenalkan boks kawat, yang menandai kelahiran orthodonsi kontemporer. Istilah ortodonsi diciptakan oleh Joachim Lafoulon pada tahun 1841. Gum elastics pertama kali digunakan oleh Maynard di tahun 1843. Tucker adalah orang yang pertama kali memotong rubber bands dari rubber tubing pada tahun 1850. Dan di akhir 1800-an, Eugene Salomo Talbot adalah orang pertama yang menggunakan sinar-X untuk diagnosis ortodontik. Tapi semua ini tak bisa dibandingkan dengan kemajuan dalam orthodonsi di abad ke-20.

Daddy-O

Para sejarawan menyatakan bahwa beberapa orang pantas disebut "Bapak Ortodonti." Fauchard telah membawa orthodonsi keluar dari zaman kegelapan, tetapi orang-orang ini benar-benar menaruh maloclussion pada peta. Seorang pria bernama Norman W. Kingsley, seorang dokter gigi, penulis, seniman, dan pemahat. Pada tahun 1858, ia menulis artikel pertama pada orthodonsi, dan pada tahun 1880, bukunya ""Treatise on Oral Deformities" diterbitkan. Orang kedua yang patut diberi penghargaan adalah seorang dokter gigi bernama JN Farrar yang menulis dua buku berjudul "A Treatise on the Irregularities of the Teeth and Their Corrections". Farrar sangat baik dalam merancang peralatan behel, dan ia adalah orang yang pertama yang menyarankan untuk menggunakan sedikit kekuatan pada selang waktunya untuk menggeser gigi.
Di Amerika pada awal 1900-an, Edward H. Angle merancang sistem klasifikasi sederhana pertama untuk malocclusions, yang masih digunakan sampai sekarang. Sistem klasifikasinya adalah cara untuk dokter gigi untuk menggambarkan seberapa bengkok gigi, ke arah mana gigi bengkok, dan bagaimana gigi "fit together" (rata). Angle memberikan kontribusi signifikan terhadap desain peralatan ortodontik, memasukkan banyak penyederhanaan. Ia mendirikan sekolah pertama dan perguruan tinggi orthodonsi, menyelenggarakan American Society of Orthodontia tahun 1901 (yang menjadi AAO di tahun 1930-an), dan mendirikan jurnal ortodonti pertama pada tahun 1907. Sebuah jurnal dan website yang merupakan bantalan namanya yang masih berkembang saat ini. Buku referensi sangat membanggakan miliknya, "Malocclusion of the Teeth" menembus tujuh edisi. Dalam membangunkan kembali semua kemajuan, bidang orthodontics dentofactial orthopedics akhirnya menjadi keahlian dalam bidang gigi yang dihormati di dalam dirinya sendiri.

The First Metal Mouth

Seperti apa kawat gigi terlihat abad yang lalu? Pada awal 1900-an, ortodontis menggunakan emas, platinum, perak, baja, karet gusi, vulcanite (dan kadang-kadang, kayu, gading, seng, tembaga, dan kuningan) untuk membentuk loops, hooks, spurs, dan ligatures. Empat belas sampai 18 karat emas telah secara rutin digunakan untuk kawat, band, clasps, ligatures, dan spurs, seperti juga iridium-platinum bands dan kabel lengkung, dan Gold platinized untuk brackets. Mengapa emas? Karena emas lunak dan mudah dibentuk. Emas mempunyai kekurangan, namun karena kelembutan emas, emas diperlukan untuk penyesuaian berkala, dan itu mahal! Lagi pula, Anda bisa menebaknya, bands ini membungkus seluruh tiap tiap gigi."metal mouth" aslinya dari emas asli atau perak! How's that for bling?

Pada 1929, dewan khusus gigi pertama, American Board of Orthodontics, lahir. Di samping itu, sintetis yang pertama (nilon)-bulu sikat gigi diciptakan pada tahun 1938. Pada saat ini, baja anti-karat menjadi tersedia secara luas, tetapi dalam menggunakannya untuk kawat gigi dianggap agak kontroversial. Selain itu, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa x-ray tidak secara rutin digunakan dalam perawatan ortodontik sampai tahun 1950-an!

Kemajuan pada tahun 1970-an

Kawat gigi terus membungkus gigi sampai pertengahan tahun 1970-an ketika direct bonding menjadi kenyataan. Mengapa begitu lama waktu yang diperlukan untuk dokter gigi untuk menciptakan modern bonded bracket? Braket terikat sebenarnya telah ditemukan sebelumnya, namun formulasi untuk perekat itu tidak sempurna sampai hampir satu dekade kemudian. Pada awalnya, bonded bracket adalah (tentu saja) yang terbuat dari logam. Seperti metode baru, butuh beberapa saat untuk direct bond bracket untuk "catch on".
Sekitar saat ini, self-ligating bracket juga muncul. Self-ligating bracket tidak perlu tie wires atau elastic ligatures untuk menahan lengkungan kawat ke braket, mereka ditahan oleh suatu "pintu rahasia" yang dibuat ke dalam masing-masing bracket. Pada awal 1935, ide self-ligating brackets mulai terbentuk.

Pada 1970-an, Earl Bergersen, DDS menciptakan peralatan pasif Ortho-Tain, yang membimbing pertumbuhan rahang dan membantu membetulkan masalah ortodontik dan maloklusi pada anak dan orang dewasa. Alat-alat Ortho-Tain terlihat seperti mouthguard plastik, dan dipakai terutama di malam hari, atau hanya beberapa jam setiap hari. Dalam banyak kasus, orang telah mampu menbetulkan (atau sangat mengurangi) berbagai jenis masalah ortodontik dengan peralatan yang dibuat sendiri ini.


Sekitar saat ini, self-ligating bracket juga muncul. Self-ligating bracket tidak perlu tie wires atau elastic ligatures untuk menahan lengkungan kawat ke braket, mereka ditahan oleh suatu "pintu rahasia" yang dibuat ke dalam masing-masing bracket. Pada awal 1935, ide self-ligating brackets mulai terbentuk.

Pada 1970-an, Earl Bergersen, DDS menciptakan peralatan pasif Ortho-Tain, yang membimbing pertumbuhan rahang dan membantu membetulkan masalah ortodontik dan maloklusi pada anak dan orang dewasa. Alat-alat Ortho-Tain terlihat seperti mouthguard plastik, dan dipakai terutama di malam hari, atau hanya beberapa jam setiap hari. Dalam banyak kasus, orang telah mampu menbetulkan (atau sangat mengurangi) berbagai jenis masalah ortodontik dengan peralatan yang dibuat sendiri ini.
   
  
Sekitar tahun 1975, dua ortodontis bekerja secara independen di Jepang dan Amerika Serikat mulai mengembangkan sistem mereka sendiri untuk menempatkan kawat gigi pada permukaan bagian dalam gigi - kawat gigi lingual. "invisible braces" ini menawarkan orang orang hasil dari bonded brackets dengan satu keuntungan besar, mereka berada di dalam gigi, sehingga tidak ada orang lain bisa melihatnya! Di Amerika, almarhum Dr Kurz Craven Beverly Hills California mengembangkan Kurz / sistem Ormco lingual. Di Jepang, Profesor Kinya Fujita, dari Kanagawa Gigi Universitas menemukan sistem bahasa sendiri, dan terus membuat kemajuan besar dalam metode lingual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar